AndroZAW adalah website yang menyediakan berbagai aplikasi android dan software PC, kami menyediakan file original,mod apk,software PC, Games dan masih banyak lagi.

Membuat Text "Hello World" Dengan HTML

Membuat Text "Hello World" Dengan HTML

Membuat Text Hello World Dengan HTML

Selamat Datang kembali pada seri html dasar , dan bersama saya TheZaww , pada pembahasan kali ini kita akan menuliskan kode html yang akan menampilkan text atau tulisan "Hello World!" pada jendela browser , dan untuk menulis kode html ini kamu bisa menggunakan text editor atau notepad jika di os windows, atau text edit jika di mac os.

Langsung saja , sebelum kamu menuliskan kode , sebaiknya kamu membuat dulu folder supaya nanti hasil kode atau file yang sudah kita buat tidak berantakan , silahkan kalian membuat dulu folder , mau di simpan di mana aja terserah asal kalian ingat.

Langsung saja buka text editor nya atau notepad nya , dan copy text di bawah ini.

  index.html
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
   <meta charset="utf-8">
   <title>Website Pertama Saya</title>
</head>
<body>
   <h1>hallo word</h1>

</body>
</html>

lalu save di folder yang tadi sudah kamu buat , dan namakan file kode tersebut dengan nama latihan1.html , lalu double tap atau buka file atau bisa klik kanan open with > google chrome . nanti tampilan di browser akan seperti ini

Saya akan menjelaskan tentang komponen komponen kode html tersebut.

Apa itu DOCTYPE html

dibaris pertama/line 1 di tulis <!DOCTYPE html> , ini berfungsi untuk ngasih tau si browser "saya akan menuliskan kode html versi berapa ?" <!DOCTYPE html> ini artinya kita akan membuat html versi 5 atau versi baru .

Tag apa yang harus ada didalam block head 

lalu selanjutnya baris ke 2/line 2 di tulis <html> , tag html tag pembuka/tag dasar untuk membuat html code, biasa nya di dalam tag html ada dua tag utama yaitu tag <head> dan tag <body>.

lalu selanjut nya tag <head> , berfungsi untuk menyimpan informasi dokumen , misalnya style/gaya , atau judul website dan masih banyak lagi.

selanjutnya line 3 <title>Halaman pertama saya</title> , tag title untuk ngasih tau si browser ini adalah judul/nama website

line 4 </head> penutup <head> 

harus ingat ini setiap tag ada pembuka dan penutup , misal nya pembuka <tag> tanpa tanda / , dan penutup dengan tanda / </tag>.

Penting didalam tag body harus ada

line 5 <body> , untuk menyimpan sebuah kontent atau isi dari sebuah dokumen html , yang akan di tampilkan pada jendela browser .

line 6 kontent/isi bisa di isi apa saja, misalnya Hello World ! , jendela browser akan menampilkan tulisan Hello World! .

line 7 Penutup body </body>.
line 8 Penutup html </html>.

Dan itu saja dulu untuk pembahasan kita kali ini , Trimakasih

Search Tips ! cari sesuai keingin anda contoh : Minecraft Free Server

Lorem ipsum dolor sit, amet consectetur adipisicing.